Tuesday, March 26, 2013

Strategi Manajemen



·         Definisi
Strategi manajemen : merupakan suatu harus dilakukan oleh seorang manajer dalam mengembangkan staregi mananjemennya
Strategi : keputusan dan tindakan yang menentukan jangka panjang kinerja dari suatu organisasi, strategi harus bisa berubah tergantung kondisi lingkungan/ perubahan lingkungan yang terjadi.
·         Model Bisnis
Suatu strategi yang didesain untuk bagaimana cara agar perusahaan bisa meningkatkan pendapatan (menghasilkan uang), melalui proses kerja dan aktifitas kerja.
Fokus terhadap 2 :
1.      Konsumen akan respek terhadap strategi
2.      Perusahaan akan bisa meningkatkan penghasilan

·         Mengapa Strategi Bisnis Penting..??
1.      Mempengaruhi kinerja jangka panjang perusahaan ( meningkatkan kinerja )
2.      Dibutuhkan oleh manajer sebagai evaluasi dan bisa bertahan dengan perubahan lingkungan, bisa beradaptasi dengan perubahan lingkungan
3.      Untuk mengkoordinasi unit perusahaan, membantu agar fokus dalam mencapai tujuan organisasi
4.      Membantu manajer dalam proses pengambilan keputusan

·         Proses Manajemen Strategi
1.      Melakukan identifikasi organisasi, meliputi misi, tujuan dan strategi
2.      Melakukan analisis eksternal
Fokus dalam analisis peluang dan ancaman  dari luar sehingga
o   Bisa menyesuaikan sesuai dengan lingkungan
o   Menciptakan barang sesuai dengan yang diminta pasar

Monday, March 18, 2013

Pasar Global



Tantangan dan Kesempatan

Membentengi perubahan yang secara mendadak yang dilakuakan kompetitor (pesaing)
Mengetahui  tentang perbedaan budaya, politik dan sistem ekonomi di lain negara
Berhadapan dengan kondisi peningkatan yang tidak menentu, ketakuan dan kegelisahan
Mengadaptasi perubahan dilingkungan global
Menghindari pandangan Parochialism

  Perspektif Global 
Parochialism
Merupakan suatu pandangan yang hanya melihat dunia hanya dari kacamatanya sendiri, dengan kata lain yang dianggapnya yang benar itlah yang terbaik tanpa memperhatikan unsur dari luar
Tidak mengakui unsur lain yang memilki perbedaan pandangan dengan dirinya
Merupakan suatu penghambat yang sangat berarti bagi menajer yang bekerja dibisnis global

Mengadopsi perspktif Global
Ethnocentric
Suatu pandangan oleh organisasi yang menyatakan bahwa pendekatan yang paling baik untuk melaksanakan bisnis secara global adalah sesuai dengan negara asalnya (Home Country), aturan yang diterapkan anak perusahaan yang berada dinegara lain akan mengikuti negara asal, negara asalnya.
Polycentric
Suatu pandangan yang melihat bahwa dalam menjalankan bisnisya yang terbaik adalah memakai cara dengan sesuai yang ada dalam negara tersebut (Host Country), negara tempat perusahaan itu berdiri
Geocentric
Suatu pandangan yang berorientasi pada dunia dengan fokus mencari pendekatan yang terbaik dari seluruh dunia, meliputi pencarian tenaga ahli dari seluruh dunia, yang akan dipakai untuk menjalnkan perusahaan tersbut
Orientasi Ethnocentric
 (Home Country) Polycentric
(Host Country) Geocentric
 (World)
Keuntungan Struktur simple Pengetahuan yang luas mengenai lokasi tersebut Mengerti isu global
Mudah di kontrol Mendapat support pemerintah Keseimbangan local dan global
Manajer lokal menjalankan dengan moral tinggi Mendapatkan orang dan tempat terbaik menjalankan bisnis
Kerugian Tidak efektif Melipatgandakan pekerjaan Sulit mencapai yang diinginkan
Tidak fleksibel Mengurangi efisiensi Menager harus memiliki pengetahun global dan lokal
Pertentangan sosial dan politik Sulit untuk mengetahui global karena fokus pada yang tradisional lokal

Saturday, March 16, 2013

Teknik Pengaturan (System Control)



Pengenalan Teknik Pengaturan

*      Dalam teknik pengaturan akan dibahas mengenai sistem kendali, aktuator, sensor, tranducer, jenis- jenis pengendalian dan aplikasi- aplikasi sistem kendali dengan menggunakan PLC dan sistem microcontroller
Seiring dengan kemajuan zaman seperti saat ini kemajuan di bidang industripun semakin tinggi, jka dahulu proses masih didominasi oleh tenaga manusia maka sekarang ini sudah mulai digantikan dengan tenaga mesin. Penggunaan mesin diidang industri pun semakin mengalami perkembangan yang pesat dengan yang pengendaliannya sudah otomasi.
            Sistem otomasi pada suatu mesin dan proses merupakan dasar pengoperasian industri modern, banyak keuntungan yang didapat dengan adanya otomasi antara lain:
·         Konsisten dalam operasinya : produksi akan berada dalam rentan yang telah ditentukan
·         Peningkatan keselamatan kerja : dengan menggunakan mesin secara otomasi maka akan sedikit kerja yang secara langsung dikerjakan manusia sehingga jiak terjadi apa- apa, mungkin hanya mesin yang rusak dan tidak terjadi kecelakaan kerja yang berakibat kepada manusia
·         Mengurangi biaya Operasi : mungkin secara awam maka akan kelihatan menggunkan mesin akan banyak biaya yang dikeluarkan untuk investasi membeli mesin, namun jika dipikir jangka panjangnya tenaga mesin lebuh murah daripada tenaga manusia.

*      Terminologi dasar dalam Sistem Kendali

 










Plant : Istilah umum untuk mendiskripsikan mesin atau proses yang dikendalikan
Controller : Merupakan suatu pengendali, dalam sistem manual maka pengendalinya adalah manusia sedangkan dalam sistem otomasi maka pengendalianya bisa berupa rangakaian elektronik, komputer, rangkaian mekanik.

Tujuan suatu pengendalian adalah :
1.      Regulasi
2.      Mengikuti suatu trajektori
Download materi ini dalam bentuk PPt  beserta contohnya disini










Budaya Organisasi dan Lingkungan yang mempengaruhi manajemen



v  Dalam sebuah organisasi cara pandang terhadap manajer bisa dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1.      Omnipotent Manager
Memandang  manajer yang memiliki tanggung jawab secara langsung akan keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi, sehingga keberhasilan atau kegagalan atau keberhasilan dipandang ditentuan oleh kualitas manjernya sehingga dalam kasus ini, jika terjadi kegagalan organisasi maka akan seringg terjadi pergantian manajer. Seperti contoh dalam sepakboal akan sring terjadi pergantian pelatih.
2.      Symbolic Manager
Jika manajer hanya diapandang sebagi sebuah simbol kekuasaan yang ada di organisasi, manajer tidak bertanggung secara langsung akan keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi tapi ditentukan oleh berbagai faktor diluar manajer seperti lingkungan. Manajer hanya sebagi simbol saja
v  Kebijakan yang ada dalam manajemen biasanya dipengaruhi oleh 2 hal :
·         Budaya Organisasi (Internal)
·         Lingkungan (eksternal)

*   Budaya Organisasi/ Perusahaan (internal)

Budaya organisasi merupakan suatu sistem yang dibagikan, dipercayai dalam suatu organisasi yang akan menjadi kebiasaan dalam organisasi tersebut dan akan melekat pada semua lapisan anggotanya, yang menjadi sistem kepercayaan dalam menjalankan kegiatan organisasinya.
Implikasinya : budaya organisasi merupakan suatu yang persepsi yang dibagikan, dan deskriptive.

v  Macam – macam Budaya Organisasi
ü  Attention to Detail
Menekankan agar dalam suatu organisasi dilakukan secara detail sesuai peraturan yang ada, mengikuti prosedur dan tdak mentolelir  suatu kesalahan sekecil apapaun
ü  Outcome orientation
Memiliki orientasi pada hasil yang dicapai, cenderung membebaskan para karyawan bekerja secara fleksible, terserah caranya seperti apa, yang penting tujuan organisasi bisa tercapai.

ü  People orientataion
Memiliki orientasi pada hasil individu dari para anggota organisasinya, keputsan biasanya diambil dari individu terkesan bekerja sendiri – sendiri tanpa memperduliakn pekerjaan anggota yang lain
ü  Team orientation
Memiliki orientasi pada kerja tim dalam mengerjakan tugas organisasi, akan tercipta iklim kerja yang bersahabat dengan anggota yang lain arena banyak interaksi antar anggota yanterjasi didalamnya
ü  Aggressivenees
Mendorong semua Organisasi untuk memiliki suatu semangat kerja yang tinggi, banyak terjsi persaingan didalamnya , dan terntunya persaingan yang sehat, namun pada kenyataannya dalam situasi ini maka akan sering terjadi persaingan yang tidak sehat dan saling menjatuhkan antar anggota organisasi demi mencapai tujuannya
ü  Stability
budaya organisasi yang tidak mau mengambil banyak resiko dan hanya berjalan ditempat tidak memiliki visi dan misi jauh kedepan, pekerjaan yang dilakuakan hanya statis mengerjakan itu –itu saja, perkembangan perusahaan akan lama.
ü  Innovation and Risk taking
Suatu budaya organisasi yang didalamnya mendorong para anggota organisasi memiliki ide- ide baru yang bisa digunakan untuk memajukan perusahaan. Anggota organsasi dituntut aktif mngembangkan ide- ide.

Proses Pengambilan Keputusan



Keputusan adalah suatu pembuatan pilihan dari dua atau lebih alternatif yang ada.

Proses pembuatan keputusan
·         Identifikasi masalah dan kriteria keputusan dan alokasi pembobotan dari masing – masing kriteria
·         Pengembangan, analisa dan memilih alternatif yang dapat menyelesaikan masalah
·         Implementasi alternatif yang telah dipilih
·         Evaluasi dari keputusan yang telah diambil

1.    Identifikasi Masalah
Masalah adalah adanya perbedaan antara keinginan dengan kenyataan yang ada (kondisi fakta yang terjadi)
Karakteristik masalah :
·         Masalah akan menjadi suatu maslah ketika manager menyadari sesuatu itu sebagai masalah, sehinnga tiap manager akan berbeda – beda perspektifnya terhadap sesuatu yang terjadi
·         Ada penekanan untuk penyelesaiannya
·         Seorang manager harus memiliki, otoritas, informasi, atau sumber daya yang digunakan untuk menyelesaikan masalah itu.

2.    Identifikasi kriteria keputusan)

Kriteria disini adalah faktor yang penting (relevan) untuk penyelesaian masalah
·         Biaya yang akan terjadi ( investasi yang kan dikeluarkan)
·         Menemukan resiko yang akan terjadi (analisis peluang dan kegagalan)
·         Tujuan yang diinginkan ( berkaitan dengan perkembangan perusahaan)

3.    Pembobotan dari kriteria yang telah ditentukan

·         pembuatan kriteria untuk penyelesaian masalah memiliki prioritas yang tidak sama sehingga untuk masing - masing kriteria harus di prioritaskan dan yang menjadi prioritas bisa kita beri bobot tertinggi

4.    Pengembangan alternative

Identifikasi alternative
Alternative merupakan list dari barang atau sesuatu yang bisa menyelesaikan masalah

5.    Analisis alternative yang telah ditentukan
Menilai altenative yang ada tentang kelemahan dan kelebihannya berdasarkan kriteria yang telah ditentukan,  memenuhi kriteria bisa mendapat nilai tertinggi