Ilmu Pengetahuan Lingkungan merupakan gabungan dr ilmu-ilmu:
- Ekologi, merupakan dasar utama dari Ilmu Lingkungan
- Ilmu Pengetahuan Alam
- Ilmu Pengetahuan Sosial
- Matematika
- Teknik
- Hukum
- Estetika
- Etika
Lingkungan
adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar organisme.
Lingkungan terdiri atas organisme dan semua benda mati yang terdapat disekitar organisme tersebut
Lingkungan terdiri atas organisme dan semua benda mati yang terdapat disekitar organisme tersebut
Lingkungan
terdiri dari 2 faktor :
- Faktor biotik / benda hidup
Contoh : manusia, hewan, tumbuhan dan organisme lain
- Faktor abiotik / benda tak hidup
Contoh
: tanah, air, udara, cahaya, suhu, batu, gunung dll
Komponen Biotik
1.
Produsen : Tumbuhan
Organisme yang mampu menghasilkan
zat makanan sendiri
2.
Konsumen : manusia, hewan
Organisme yang tidak mampu
menghasilkan zat makanan sendiri (bergantung terhadap organisme
lain)
3.
Dekomposer : organisme yang bertugas mengurai
sisa-sisa organisme lain
Komponen abiotik :
1.
Tanah
: terdiri dari batuan dan bahan organik,Sebagian kebutuhan makhluk hidup
berasal dari tanah
2.
Air
: penyusun tubuh organisme lebih dari50 % terdiri dari air. Merupakan komponen
abiotik yang sangat menentukan kelangsungan hidup organisme
3.
Udara
: merupakan komponen utama dari atmosfer bumi
EKOLOGI
Berasal dari bahasa Yunani :
- oikos yang berarti rumah
- logos yang berarti ilmu
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari
hubungan timbal balik mahkluk hidup dengan lingkungannya
Ekosistem adalah kesatuan fungsional
antara komponen biotik dengan abiotik, dan terjadi interaksi antara organisme
dengan lingkungan abiotiknya
Nilai Strategis kuliah
Pengetahuan lingkungan :
n
Relevan dengan
agenda dunia (Internasional), Nasional dan Lokal
n
Melatih mahasiswa
untuk berfikir secara holistik dan menghargai berbagai cabang ilmu pengetahuan
n
Merupakan
integrator antara MIPA, Ilmu Biologi, Teknik, Estetika, Seni dan Humaniora
n
Merupakan jembatan
antara perguruan tinggi dengan masyarakat dan lingkungan sekitar
Tujuan Utama Pendidikan
Lingkungan
- Meningkatkan
kesadaran dan kepedulian, adanya saling keterkaitan antara faktor-faktor
ekonomi, sosial, politik dan ekologi
- Memberikan
kesempatan kepada setiap orang untuk mendapatkan pengetahuan, nilai,
sikap, komitmen dan ketrampilan yang dibutuhkan untuk melindungi dan
memperbaiki lingkungan
- Melahirkan
pola sikap individu, kelompok dan masyarakat yg lebih baik terhadap
lingkungan
Pendidikan Lingkungan
(Environmental Education)
(Judy
Braus, 1995)
n Pendidikan Lingkungan telah
menjadi pelopor dalam mendorong dilakukannya pendidikan interdisipliner,
pemikiran kritis, pemecahan masalah dan komponen integral lainnya dalam gerakan
reformasi pendidikan
n Merupakan pendidikan yang
berperan dlm membantu masyarakat agar dapat hidup secara berkelanjutan dalam
lingkungannya
n Pendidikan Lingkungan berbeda dari disiplin ilmu lain,
dengan penekanan kepada perubahan tingkah laku, kemampuan seumur hidup dan
tindakan nyata, bukan hanya pengetahuan dan kemampuan teoritis
TUJUAN PENDIDIKAN
LINGKUNGAN
·
Kesadaran (Awareness)
·
Pengetahuan (Knowledge)
·
Sikap (Attitude)
·
Keahlian (Skills)
·
Peranserta (Participation)
Penyebab-penyebab utama dari masalah lingkungan, sumberdaya dan sosial
·
Over populasi
·
Over konsumsi
·
Distribusi penduduk yang tidak merata
·
Teknologi dianggap bisa menyelesaikan semua masalah
·
Kemiskinan sebagian penduduk
·
Tingkat pendidikan yang tidak merata
·
Kompleksitas sistem dalam pendukung kehidupan
·
Krisis politik dan manajemen ekonomi
·
Perilaku manusia
Populasi manusia dan kompleksitasnya dengan masalah lingkungan
1. Kecenderungan populasi manusia
terus meningkat
- percepatan pertumbuhan penduduk tidak bisa ditekan hingga nol
- teknologi dibidang kesehatan
semakin baik, tingkat kesehatan bayi meningkat
- kebutuhan pangan, energi dan ruang, ikut meningkat
- pemanfaatan sumber daya alam meningkat
- populasi dunia pada akhir abad 21
akan menjadi 2 x dari kondisi saat ini
2. Dampak yang
muncul
- luas hutan berkurang,
menyebabkan siklus hidrologis terganggu
- ketersediaan air
tanah menurun
- muncul lahan
kritis, akibat eksplorasi sumber mineral dan energi
- akumulasi limbah
berbahaya akibat pemakaian bahan
kimia yang meningkat
3. Dampak secara global
- memberi
kontribusi terhadap perubahan lingkungan secara global
Sumber utama
permasalahan lingkungan
No comments:
Post a Comment