Monday, July 16, 2012

Ilmu Pengetahuan Lingkungan


Ilmu Pengetahuan Lingkungan merupakan gabungan dr ilmu-ilmu:

  • Ekologi, merupakan dasar utama dari Ilmu Lingkungan 
  • Ilmu Pengetahuan Alam 
  • Ilmu Pengetahuan Sosial 
  • Matematika 
  • Teknik 
  • Hukum 
  • Estetika 
  • Etika 
LINGKUNGAN

Lingkungan adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar organisme.
Lingkungan terdiri atas organisme  dan semua benda mati yang terdapat disekitar organisme tersebut

Lingkungan terdiri dari 2 faktor :
  • Faktor biotik / benda hidup
  Contoh : manusia, hewan, tumbuhan dan organisme lain
  • Faktor abiotik / benda tak hidup
  Contoh : tanah, air, udara, cahaya, suhu, batu, gunung dll

Komponen Biotik

1.        Produsen : Tumbuhan
       Organisme yang mampu menghasilkan zat makanan sendiri
2.        Konsumen : manusia, hewan
       Organisme yang tidak mampu   menghasilkan zat makanan sendiri   (bergantung terhadap organisme lain)
3.        Dekomposer : organisme yang bertugas   mengurai sisa-sisa organisme lain

                Komponen abiotik :

1.        Tanah : terdiri dari batuan dan bahan organik,Sebagian kebutuhan makhluk hidup berasal dari tanah
2.        Air : penyusun tubuh organisme lebih dari50 % terdiri dari air. Merupakan komponen abiotik yang sangat menentukan kelangsungan hidup organisme
3.        Udara : merupakan komponen utama dari atmosfer bumi

  
EKOLOGI
Berasal dari bahasa Yunani :
  - oikos yang berarti rumah
  - logos yang berarti ilmu
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik mahkluk hidup dengan lingkungannya
Ekosistem adalah kesatuan fungsional antara komponen biotik dengan abiotik, dan terjadi interaksi antara organisme dengan lingkungan abiotiknya

Nilai Strategis kuliah Pengetahuan lingkungan :
n  Relevan dengan agenda dunia (Internasional), Nasional dan Lokal
n  Melatih mahasiswa untuk berfikir secara holistik dan menghargai berbagai cabang ilmu pengetahuan
n  Merupakan integrator antara MIPA, Ilmu Biologi, Teknik, Estetika, Seni dan Humaniora
n  Merupakan jembatan antara perguruan tinggi dengan masyarakat dan lingkungan sekitar

Tujuan Utama Pendidikan Lingkungan

  1. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian, adanya saling keterkaitan antara faktor-faktor ekonomi, sosial, politik dan ekologi
  2. Memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk mendapatkan pengetahuan, nilai, sikap, komitmen dan ketrampilan yang dibutuhkan untuk melindungi dan memperbaiki lingkungan
  3. Melahirkan pola sikap individu, kelompok dan masyarakat yg lebih baik terhadap lingkungan


Pendidikan Lingkungan
(Environmental Education)
       (Judy Braus, 1995)
n  Pendidikan Lingkungan telah menjadi pelopor dalam mendorong dilakukannya pendidikan interdisipliner, pemikiran kritis, pemecahan masalah dan komponen integral lainnya dalam gerakan reformasi pendidikan
n  Merupakan pendidikan yang berperan dlm membantu masyarakat agar dapat hidup secara berkelanjutan dalam lingkungannya
n  Pendidikan  Lingkungan berbeda dari disiplin ilmu lain, dengan penekanan kepada perubahan tingkah laku, kemampuan seumur hidup dan tindakan nyata, bukan hanya pengetahuan dan kemampuan teoritis


TUJUAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN

·         Kesadaran (Awareness)
·         Pengetahuan (Knowledge)
·         Sikap (Attitude)
·         Keahlian (Skills)
·         Peranserta (Participation)

Penyebab-penyebab utama dari masalah lingkungan, sumberdaya dan sosial

·         Over populasi
·         Over konsumsi
·         Distribusi penduduk yang tidak merata
·         Teknologi dianggap bisa menyelesaikan semua masalah
·         Kemiskinan sebagian penduduk
·         Tingkat pendidikan yang tidak merata
·         Kompleksitas sistem dalam pendukung kehidupan
·         Krisis politik dan manajemen ekonomi
·         Perilaku manusia

Populasi manusia dan kompleksitasnya dengan masalah lingkungan
1.  Kecenderungan populasi manusia terus meningkat
  - percepatan pertumbuhan penduduk tidak bisa ditekan hingga nol
  - teknologi dibidang kesehatan semakin baik, tingkat kesehatan bayi meningkat
  - kebutuhan pangan, energi dan ruang, ikut meningkat
  - pemanfaatan sumber daya alam meningkat
 - populasi dunia pada akhir abad 21 akan menjadi 2 x dari kondisi saat ini
2. Dampak yang muncul 
- luas hutan berkurang, menyebabkan siklus hidrologis terganggu
- ketersediaan air tanah menurun
- muncul lahan kritis, akibat eksplorasi sumber mineral dan energi
- akumulasi limbah berbahaya akibat pemakaian bahan kimia yang meningkat
3. Dampak secara global
- memberi kontribusi terhadap perubahan lingkungan secara global

Sumber utama permasalahan lingkungan
Download materi lengkap disini atau bisa juga disni
















No comments:

Post a Comment