Thursday, July 4, 2013

Pancasila Sebagai Etika Politik


  1. Pengertian Etika

Etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran moral tertentu,atau bagaimana kita mengambil sikap yang bertanggung jawabberhadapan dengan pelbagai ajaran moral (suseno,1987)

  1. Pengertian Nilai, Norma, Dan Moral

  1. Pengertain nilai
Nilai atau “value” ( inggris ) termasuk bidang kajian filsafat.istilah nilai dalam bidang kajian filsafatdipakai untuk menunjuk kata benda abstrak yang artinya “keberhargaan” ( worth ) atau “kebaikan” (goodness).jadi nilai itu pada hakikatnya adlah sifat atau kualitas yang melekat pada suatu objek,bukan objek itu sendiri.

  1. Hierarki nilai
Terdapat berbagai pandangan tentang nilai hal ini sangat bergantung pada titik tolak dan sudut pandangnya masing-masing dalam menentukan tentang pengertian dan hierarki nilai.misal kalngan hedonis berpandangan kenikmatan adalah nilai tertinggi.

Nilai dasar, nilaiinstrumental, dan nilai praksis.                         

a)      Nilai Dasar
setiap nilai memiliki nilai  dasar (dalam bahasa ilmiahnya disebut dasar ontologis ),yaitu merupakan hakikat,esensi,intisari atau makna terdalam dari nilai-nilai tersebut. Demikianlah maka nilai dasar dapat juga disebut sebagai sumber norma yang pada gilirannya dijabarkan atau direalisasikan dalam suatu kehidupan yang bersifat praksis.

b)      Nilai instrumental.
Untuk dapat direalisasikan dalam suatu kehidupan maka suatu nilai harus memiliki suatu ukuran.nilai instrumental inilah yang merupakan suatu pedomanyang dapat di ukur dan di arahkan.karena nilai ini merupakan suatu eksplisit dari nilai dasar.

c)      Nilai praksis.

Merupakan penjabaran lebih lanjut dari nilai instrumental dalam kehidupan nyata.sehingga merupakan perwujudan daru nilai instrumental.

Pancasila Sebagai etika Politik Download


No comments:

Post a Comment