Thursday, July 4, 2013

Pancasila Sebagai Sistem Filsafat


  1. Pengertian Filsafat

Secara etimologis istilah “filsafat” berasal dari bahasa yunani “ philein” yang artinya “cinta” dan “sophos” yang artinya “hikmah” atau “kebijaksanaan” atau “wisdom”( Nasution,1973 ). Jadi secara harfiah istilah “filsafat” mengandung makna kebijaksanaan.

Adapun cabang-cabang filsafat yang pokok adalah: metafosika,epistemology, metodologi,logika,etika,dan estetika.

  1. Rumusan Kesatuan Sila-Sila Pancasila Sebagai Suatu System

  1. Susunan Pancasila yang bersifat Organis
Pancasila merupakan penjelmaan hakikat manusia “monopluralis” yang merupakan kesatuan organis maka pancasila juga memiliki kesatuan yang bersifat organis pula.

  1. Susunan pancasila yang bersifat hierarkhis dan berbentuk piramida
Diantara kelima sila ada hubungan yang mengikat yang satu kepada yang lainnya sehingga pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat. Kesatuan pancasila yang memiliki siusunan hierarkhi pyramidal ini maka sila pertama menjadi basis bagi sila yang lain.secara ontologism hakikat sila-sila pancasila mendasarkan pada landasan sila-sila pancasil yaitu:tunhan, manusia, stu,rakyat,dan adil(notonagoro,1975:49)

  1. Rumusan hubungan kesatuan sila-sila pancasila yang saling mengisi dan sailing mengkualifikasi.
Hal ini dimaksudkan bahwa dalam setiap sila terkandung nilai keempat sila yang lainnya,atau dengan kata lain perkataan dalam setiap sila senantiasa dikualifikasi keempat sila yang lain.

  1. Kesatuan Sila-Sila Pancasila Sebagai  Suatu System Filsafat

  1. Dasar antropologi sila-sila pancasila
Dasar ontologism pancasila pada hahikatnya adalah manusia yang memiliki hakikat mutlak monopluralis,oleh karena itu hakikat dasar ini juga disebut sebagai dasar antrropologiis. Subyek pendukung pokok pancasila adalah manusia.

  1. Dasar epistemologis sila-sila pancasila
Dasar epistemology pancasila tidak dapat dipisahkan dengan konsep dasarnya tentang hakikat manusia kalau manusia merupakan basis ontology pancasila maka dengan demikian mempunyai implikasi terhadap bangunan epistemology,yaitu bangunan epistemology yang ditempatkan dalam bangunan filsafat manusia ( pranarka,1996 : 32 )
Terdapat tiga persoalan yang mendasar dalam epistemology yaitu pertama sumber pengeyahuan manusia, kedua tentang teori kebenaran pengetahuan manusia, ketiga tentang watak pengetahuan manusia ( titus,1984:20 )
  1. Dasar aksiologis sila-sila pancasila
Sila-sila sebagai suatu system filsafat jaga memiliki satu kesatuan dasar aksiologis sehimgga nilai-nilai yang terkadung dalam pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan.
Menurut notonagoro bahwa nilai-nilai pancasila termasuk nilai kerohanian, tetapi nilai-nilai kerohanian yang mengakui nilai material dan nilai vital.

Nilai –nilai pancasila sebagai suatu system
Sesuai dengan isi yang terkandung dalam pancasila, secara ontologis mengandung tiga masalah pokok dalam kehidupan manusia yaitu bagaimana seharusnya manusia itu terhadap Tuhan Yang Maha Esa, terhadap dirinya sendiri serta terhaadap manusia lain dan masyarakat.
Pada hakikatnya pancasila itu merupakan suatu system nilai dalam artian bahwa bagian-bagian atau sila-silanya saling berhubungan secara erat sehingga membentuk suatu kesatuan yang menyeluruh.

  1. Pancasila Sebagai Nilai Dasar Fundamental Bagi Bangsa Dan Negara Republic Indonesia

  1. Dasar filosofis
Dasar pemikiran filsofis yang terkandung dalam setiap sila,dijelaskan sebagai berikut.pancasila sebagai filsafat babgsa dan Negara Republik Indonesia,mengandung makna bahwa dalam setiap asperk kehidupan kebangsaan, kemasyarakatan,dan kenegaraanharus berdasarkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilam.

  1. Nilai-nilai pancasila sebagai nilai fundamental Negara
Nilai-nilai pancasila pada hakikatnya merupakan sumber dari segala sumber hukumdalam Negara Indonesia.

  1. Inti Isi Sila-Sila Pancasila

  1. Sila ketuhanan yang maha esa
.......................
.......................
.......................
.......................

Pancasila Sebagai Sistem filsafat, Download lengkap,,

-->

No comments:

Post a Comment