Monday, March 18, 2013
Pasar Global
Tantangan dan Kesempatan
• Membentengi perubahan yang secara mendadak yang dilakuakan kompetitor (pesaing)
• Mengetahui tentang perbedaan budaya, politik dan sistem ekonomi di lain negara
• Berhadapan dengan kondisi peningkatan yang tidak menentu, ketakuan dan kegelisahan
• Mengadaptasi perubahan dilingkungan global
• Menghindari pandangan Parochialism
Perspektif Global
Parochialism
• Merupakan suatu pandangan yang hanya melihat dunia hanya dari kacamatanya sendiri, dengan kata lain yang dianggapnya yang benar itlah yang terbaik tanpa memperhatikan unsur dari luar
• Tidak mengakui unsur lain yang memilki perbedaan pandangan dengan dirinya
• Merupakan suatu penghambat yang sangat berarti bagi menajer yang bekerja dibisnis global
Mengadopsi perspktif Global
• Ethnocentric
Suatu pandangan oleh organisasi yang menyatakan bahwa pendekatan yang paling baik untuk melaksanakan bisnis secara global adalah sesuai dengan negara asalnya (Home Country), aturan yang diterapkan anak perusahaan yang berada dinegara lain akan mengikuti negara asal, negara asalnya.
• Polycentric
Suatu pandangan yang melihat bahwa dalam menjalankan bisnisya yang terbaik adalah memakai cara dengan sesuai yang ada dalam negara tersebut (Host Country), negara tempat perusahaan itu berdiri
• Geocentric
Suatu pandangan yang berorientasi pada dunia dengan fokus mencari pendekatan yang terbaik dari seluruh dunia, meliputi pencarian tenaga ahli dari seluruh dunia, yang akan dipakai untuk menjalnkan perusahaan tersbut
Orientasi Ethnocentric
(Home Country) Polycentric
(Host Country) Geocentric
(World)
Keuntungan Struktur simple Pengetahuan yang luas mengenai lokasi tersebut Mengerti isu global
Mudah di kontrol Mendapat support pemerintah Keseimbangan local dan global
Manajer lokal menjalankan dengan moral tinggi Mendapatkan orang dan tempat terbaik menjalankan bisnis
Kerugian Tidak efektif Melipatgandakan pekerjaan Sulit mencapai yang diinginkan
Tidak fleksibel Mengurangi efisiensi Menager harus memiliki pengetahun global dan lokal
Pertentangan sosial dan politik Sulit untuk mengetahui global karena fokus pada yang tradisional lokal
Macam – macam Tipe Organisasi Internasional
1. Multinational Corporation (MNC)
Merupakan suatu perusahaan yang beroperasi di banyak negara sudah go International
2. Multidomestic Corporation
Sebuah perusahaan MNC yang mendesentralisaikan management dan keputusan lain berdasarkan negasa asal
3. Global Company
Sebuah perusahaan MNC yang memusatkan manajemen dan keputusan- keputusan yang lain berdasarkan negara asal perusahaan tersebut
4. Transnational Corporation (Borderless organitation)
Perusahaan MNC yang mengeliminasi strukturnya akbibat lokasi geografi serta dan diatur oleh suatu peraturan akibat adanya perilaku global
5. Born Global/ International New Ventures (INVs)
Perusahaan yang menggunakan sumber daya (material, SDM, dll) dalam menjalankan bisnisnya di lebih dari satu negara
Bentuk lain Organisasi yang ada di Dunia
• Strategic Alliance
• Joint venture
• Foreign Subsidiary
Penjelasan dan materi lengkap bisa download disini
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment