Sunday, September 30, 2012

KOMPETENSI DIRI



KOMPETENSI DIRI

Kembangkan Kompetensi Diri

            Salah satu kunci yang harus dimiliki dalam menyusun strategi kerja di masa depan adalah kompetensi diri, karena tantangan kita di era globalisasi ini semakin berat.

                                    Kuncinya : “Mau Belajar”

Kompetensi diri, dikelompokkan menjadi 5 hal yaitu :

            1. Kompetensi Teknikal : pekerjaan rancang bangun, teknik
            2. Kompetensi Sosial : komunikasi & bekerja sama dng orang lain
            3. Kompetensi Konseptual : perencanaan, pengumpulan informasi
            4. Kompetensi Etikal : nilai-nilai moral & etika
            5. Kompetensi Pembelajaran : membaca & belajar


KOMPETENSI

Definisi Kompetensi :

            Kompetensi merupakan bagian dari kepribadian seseorang yang telah tertanam dan berlangsung lama, dan dapat memprediksi perilaku dalam berbagai tugas (diukur oleh kriteria spesifik atau standar) dan situasi kerja (kinerja)

Ada 5 (lima) tipe karakteristik kompetensi, yaitu :
  1. Motif-motif (motives), sesuatu yang secara konsisten dipikirkan dan diinginkan, yang menyebabkan tindakan seseorang.
  2. Ciri-ciri (traits), karakteristik fisik dan respon-respon yang konsisten terhadap situasi atau informasi
3.   Konsep diri (self-konsep), sikap-sikap, nilai-nilai dan            gambaran tentang diri sendiri seseorang
  1. Pengetahuan (knowledge), informasi yang dimiliki   seseorang dalam area spesifik tertentu
  2. Keterampilan (skill), kecakapan seseorang untuk       menampilkan tugas fisik atau tugas mental tertentu

Tingkat kompetensi

Tingkat kompetensi seseorang terdiri dari dua bagian :

a. Tingkat kompetensi permukaan (surface), bagian yang dapat dilihat dan dikembangkan seperti pengetahuan dan keterampilan

b.  Tingkat kompetensi sentral atau inti kepribadian (core personality), bagian yang tidak dapat dilihat dan sulit dikembangkan seperti sifat-sifat, motif dan nilai-nilai

Definisi Kompetensi

  1. Menteri Pendidikan, yang tercamtum dalam SK Mendiknas no.045/U/2002
            Kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu

  1. Robert A.Roe (2001)
            Kompetensi didifinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan tugas (peran) secara memadai; kemampuan mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, sikap-sikap dan nilai-nilai pribadi.Dan kemampuan membangun pengetahuan, ketrampilan yang didasarkan pada pengalaman dan pembelajaran yang dilakukan

  1. Mc.Ashan (1998)
            Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya, sehingga dia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, efektif dan psikomotorik dengan sebaik-baiknya

  1. Lyle M.Spencer,Jr dan Signe (1993)
            Kompetensi adalah karakteristik dasar dari seseorang yang biasanya terkait dengan kinerja efektif menurut kriteria tertentu dan/atau kinerja superior dalam sebuah pekerjaan atau situasi

Kunci memiliki kepribadian yang efektif

Seorang pakar kepemimpinan Amerika Stephen R.Covey, dalam bukunya yang berjudul “ The Seven Habits of Highly Effektive People” terdapat 7 kebiasaan untuk menumbuhkan pribadi yang efektif

1. Jadilah Proaktif
            Proaktif merupakan kebiasaan untuk mengambil inisiatif, untuk bertanggung jawab sesuai dengan pilihan kita.

2. Mulailah dengan Gambaran Mengenai Tujuan
            Memulai setiap hari dengan gambaran yang jelas dalam benak kita apa yang akan dilakukan. Sibuk tidak berarti efektif

3.  Utamakan Prioritas
            Dalam kita mengelola waktu, dituntut suatu kedisiplinan. Membiasakan diri dalam mengutamakan Prioritas dengan membuat sebuah matrik manajemen waktu

  1. Berpikir Menang/Menang
            Dalam berinteraksi dengan orang lain, mereka yang memiliki pribadi efektif selalu berfikir bagaimana agar terjadi situasi Menang/Kalah, Kalah/Menang, Menang semata. Didalam mengembangkan watak, kesepakatan, sistem kerja dsb. Tetapi prinsip ini bukan berarti kita bersikap mau menang sendiri.

  1. Berusaha Untuk Memahami kemudian Memahami
            Melatih diri untuk mendengarkan dengan empati apa yang disampaikan/dibicarakan pihak lain. Ungkapkan gagasan kita dengan jelas, tepat dan tempatkan dalam konteks kepentingan orang lain menurut pemahaman yang telah kita siapkan.

  1. Bersinergi
            Bersinergi adalah upaya untuk memanfaatkan dan memadukan kekuatan terbesar yang dimiliki orang-orang, yang merupakan hal-hal terbaik di sekitar kita sehingga akan mendapat dukungan dari berbagai pihak yang kelak mempermudah langkah kita dalam mencapai tujuan.

  1. Terus Mengasah Diri
            Menyisihkan sedikit waktu yang sangat penting untuk memastikan bahwa kerja keras kita telah maksimal. Agar kita tidak hanyut dalam kesibukan, hingga tak sadar bahwa kita ini masih harus belajar untuk mengembangkan kemampuan kita.
                                                                                                       *
Klik disini, untuk mendapatkan materi lengkapnya





No comments:

Post a Comment