Friday, September 28, 2012

PERSOALAN-PERSOALAN DALAM ETIKA PROFESI


         Posisi Etika Profesi,

Posisi Etika secara umum menunjuk pada dua hal :
·         Pertama sebagai disiplin ilmu yang mempelajari nilai-nilai dan pembenarannya
·         Kedua sebagai pokok permasalahan disiplin ilmu itu sendiri yaitu nilai-nilai kehidupan yang sesungguh nya dan hukum-hukum tingkah laku

            Dua hal tersebut berpadu dalam kenyataan bahwa dalam bertingkah laku harus sesuai dengan hukum-hukum, adat dan harapan yang kompleks dan terus berubah, sehingga seseorang harus merenungkan tingkah dan sikapnya untuk memperbaikinya.

            Dipandang dari cabang ilmu filsafat Etika adalah sebuah refleksi kritis dan rasional mengenai nilai dan norma moral yang menentukan dan terwujud dalam sikap dan pola perilaku hidup manusia, baik secara pribadi maupun sebagai kelompok.


Fungsi Etika Profesi

Menurut Magnis Suseno (1987:13-15), Etika adalah sebuah ilmu yang memberi kita norma atau ajaran moral tentang bagaimana kita harus hidup. Etika berfungsi memberikan orientasi bagaimana dan kemana seseorang harus melangkah dalam hidupnya.

Etika Profesi memang memberikan arah seseorang untuk bertindak sesuai dengan moralitas, bukan atas dasar   diperintah oleh “orang lain” (nenek moyang, orang tua atau guru), melainkan karena seseorang sadar secara kritis dan rasional untuk sepantasnya ia bertindak atas dasar pertimbangan baik baginya dan masyarakat

Fungsi etika

Etika mengenai nilai dan norma moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya.
Etika membantu manusia bertindak secara bebas dan dapat dipertanggung-jawabkan, karena setiap tindakannya selalu lahir dari keputusan-keputusan pribadi (keputusan sendiri)
Etika membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani hidup.
Etika membantu manusia dalam mengambil keputusan tentang tindakan apa yang akan dilakukan.


PROFESI

Profesi adalah suatu moral community (masyarakat moral) yang memiliki cita-cita dan nilai-nilai bersama. Mereka yang membentuk suatu profesi disatukan juga karena latar belakang pendidikan yang sama dan bersama sama memiliki keahlian tertentu yang tertutup bagi orang lain.
Profesi tersebut mempunyai kelompok kekuasaan tersendiri dan mempunyai tanggung jawab khusus dalam kelompok tersebut.

Definisi profesi

Profesi adalah suatu moral community (masyarakat moral) yang memiliki cita-cita dan nilai-nilai bersama. Mereka yang membentuk suatu profesi disatukan juga karena latar belakang pendidikan yang sama dan bersama sama memiliki keahlian tertentu yang tertutup bagi orang lain.
Profesi tersebut mempunyai kelompok kekuasaan tersendiri dan mempunyai tanggung jawab khusus dalam kelompok tersebut.

3 ciri utama profesi

  1. Sebuah Profesi mensyaratkan pelatihan ekstensif sebelum memasuki sebuah Profesi
2. Pelatihan tersebut meliputi komponen intelektual yang signifikan

3. Tenaga yang terlatih mampu memberikan jasa yang penting kepada masyarakat


Prospek etika Profesi

Etika Profesi memiliki peranan yang besar dalam mempersiapkan tenaga yang etis profesional. Profesionalisme nya dapat terlihat dari perilaku dan apa yang ada dalam diri seseorang dalam melakukan Profesinya
Berkaitan dengan prospek Etika Profesi, selain prospek untuk melahirkan tenaga yang etis dan profesioanal adalah penekanan pentingnya memperhatikan kaidah, norma dan aturan yang telah digariskan pada setiap profesi yang bersangkutan.



KODE ETIK   
  
Kode etik sudah ada sejak jaman Yunani kuno dengan seorang tokoh berprofesi dokter bernama Hippokrates yang terkenal dengan “Sumpah Hippokrates” yang bisa dipandang sebagai kode etik pertama untuk profesi dokter
Kode etik sudah lama diusahakan untuk mengatur tingkah laku moral suatu kelompok “khusus” dalam masyarakat melalui ketentuan-ketentuan tertulis yang diharapkan akan dipegang teguh oleh seluruh kelompok tersebut.

Definisi Kode Etik
Kode etik adalah sistem norma, nilai dan aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik, dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional.
Kode etik menyatakan perbuatan apa yang benar atau salah, perbuatan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari.

Kode Etik Profesi
Karena Profesi memiliki monopoli atas suatu keahlian tertentu, selalu ada bahaya profesi menutup diri bagi orang dari luar dan menjadi kalangan yang sukar ditembus. Kode Etik dapat mengimbangi segi negatif profesi tersebut.
Dengan adanya kode etik kepercayaan masyarakat akan suatu profesi dapat diperkuat, karena setiap client mempunyai kepastian bahwa kepentingannya akan terjamin.
Kode etik ibarat kompas yang menunjukkan arah moral bagi suatu profesi dan sekaligus menjamin mutu moral profesi itu di mata masyarakat.

3 fungsi Kode Etik Profesi

  1. Kode etik profesi memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan
  2. Kode etik profesi merupakan sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan
  3. Kode etik profesi mencegah campur tangan pihak diluar organisasi profesi tentang hubungan etika dalam keanggotaan profesi
download lengkap disini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment