Monday, June 3, 2013

Perpindahan Panas Radiasi


Perpidahan panas ini terjadi ketika energi thermal ditransfer secara elektomagnetik, terjadi karena perbedaan temperature permukaan, dalam radiasi tidak perlu ada medium, langsung berhadap- hadapan pada permukaannya.

Pada radiasi panas, panas diubah menjadi gelombang elektromagnetik yang merambat tanpa melalui ruang media penghantar. Jika gelombang tersebut mengenai suatu benda, maka gelombang dapat mengalami transisi ( diteruskan ), refleksi ( dipantulkan ), dan absorpsi ( diserap ) dan menjadi kalor. Hal itu tergantung pada jenis benda, sebagai contoh memantulkan sebagian besar radiasi yang jatuh padanya, sedangkan permukaan yang berwarna hitam dan tidak mengkilap akan menyerap radiasi yang diterima dan diubah menjadi kalor.

Contoh radiasi panas antara lain pemanasan bumi oleh matahari.

Menurut hukum Stefan Boltzmann tentang radiasi panas dan berlaku hanya untuk benda hitam, bahwa kalor yang dipancarkan ( dari benda hitam ) dengan laju yang sebanding dengan pangkat empat temperatur absolut benda itu dan berbanding langsung dengan luas permukaan benda [ Artono Koestoer,2002 ].

q pancaran = 􀄱 . A . T4
dimana : 􀄱 = konstanta proporsionalitas ( tetapan Stefan boltzmann )

􀄱 = 5,669 . 10-8 W / m2. K4
A = luas permukaan bidang benda hitam
T = temperatur absolut benda hitam

Untuk materi lain bisa download materi dibawah ini
Excercise

Mohon beri komen dibawah  jika ada kesulitan dalam mendownload atau file sudah dihapus,
Thanks




No comments:

Post a Comment