Tuesday, June 25, 2013

Realita Minum - minuman Keras dikalangan Mahasiswa

TUGAS PENGANTAR PEKERJA SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL


“REALITA MINUM – MINUMAN KERAS DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG







Oleh:

Achmad Burhanuddin

(201010030311031)




FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

KATA PENGANTAR


       Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah,  karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan.Dalam makalah ini kami membahas “REALITA MINUM - MINUMAN KERAS DI KALANGAN MAHASISWA UMM”. Suatu permasalah yang sungguh ironi di tengah kebesaran nama UMM sebagai kampus terbaik dan juga bernafaskan ajaran islam.
       Makalah ini dibuat dalam rangka tugas yang di berikan dosen mata kuliah pengantar pekeja social dan kesejahteraan social sebagai pengganti ujian tengah semester ( UTS ). Selain itu juga untuk mengetahui masalah social yang ada di sekitar kampus.

Dalam  proses pembuatan makalah ini  ,  tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya  kami sampaikan :
  • Dra. Sua’adah . M.si, selaku dosen mata kuliah “ Pengantar Pekerja Sosial Dan Kesejahteraan Sosial”.
  • Rekan-rekan mahasiwa yang telah banyak  memberikan masukan untuk  makalah ini khususnya yang telah bersedia menjadi nara sumber yang tidak bisa saya sebutkan namanya.

Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat, tentunya dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan mohon kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sekalian.

                                                                         Malang , 11 November 2010
                                                                                        Penyusun


                                                                               Achmad Burhanuddin
                                                                               (2010100303111031)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Harapan remaja sebagai penerus bangsa yang menentukan kuaitas negara di masa yang akan datang sepertinya bertolak belakang dengan kenyataan yang adaPerilaku nakal di kalangan remaja saat ini cenderung mencapai titik kritis.Berbagai macam kenakalan remaja yang ditunjukkan akhir-akhir ini seperti perkelahian secara perorangan atau kelompok, mabuk-mabukan, pemerasan, pencurian, perampokan, penganiayaan dan penyalahgunaan obat-obatan seperti narkotik (narkoba).Kenakalan remaja diartikan sebagai suatu outcome dari suatu proses yang menunjukkan penyimpangan tingkah laku atau pelanggaran terhadap norma-norma yang ada.  Kenakalan remaja disebabkan oleh berbagai faktor baik faktor pribadi, faktor keluarga yang merupakan lingkungan utama (Willis, 1994), maupun faktor lingkungan sekitar yang secara potensial dapat membentuk perilaku seorang anak (Mulyono, 1995).

Dalam lingkungan pergaulan remaja ABG, ada istilah yang kesannya lebih mengarah kepada hal negatif ketimbang hal yang positif, yaitu istilah “Anak Gaul”. Istilah ini menjadi sebuah ikon bagi dunia remaja masa kini yang ditandai dengan nongkrong di kafe, mondar-mandir di mall, ngeband dan mabuk, memahami istilah gaya fun, berpakaian serba sempit dan ketat kemudian memamerkan lekuk tubuh, dan mempertontonkan bagian tubuhnya yang seksi.
Sebaliknya mereka yang tidak mengetahui dan tidak tertarik dengan hal yang disebutkan tadi, akan dinilai sebagai remaja yang tidak gaul dan kampungan. Akibatnya, remaja anak gaul inilah yang biasanya menjadi korban dari penyimpangan sosial seperti mabuk – mabukan.




1.2  Batasan Masalah

 Dalam penyusunan makalah ini penulis membatasi masalah yang di bahas pada dua topik yaitu :

  1. faktor- faktor yang menyebabkan pemuda mengkonsumsi minuman keras, dan
  2. Dampak yang di timbulkan dari minuman keras


1.3 Tujuan  

Penyusunan makalah ini bertujuan untuk mengetahui masalah – masalah sosial remaja yang ada di lingkunagn sekitar serta untuk mengetahui foktor - fektor penyebabnya dan dampaknya sehingga nanti penulis berharap agar dengan makalah ini bisa menyadarkan rekan -rekan  mahasiswa sekalian pada khususnya dan semua pembaca pada umumnya untuk tidak lagi mengonsumsi minuman keras.


1.4    Dasar Pemikiran
            Pendekatan teoritis yang melatarbelakangi studi kenakalan remaja ini adalah:
1.      Teori Sistem yang menyatakan bahwa sistem terdiri dari komponen-komponen yang saling tergantung antara satu dengan yang lain (Klein dan White, 1996).  Dalam studi ini digunakan logika berfikir secara teori sistem bahwa keluarga tediri dari anggota-anggota keluarga yang saling berpengaruh satu dengan yang lain.  Kenakalan remaja adalah merupakan suatu output dari suatu proses hubungan antara anggota keluarga
2.      Teori Pertukaran Sosial yang menyatakan bahwa sesama individu dapat saling bertukar baik berupa materi maupun non materi (Klein dan White, 1996).  Dalam studi ini digunakan logika berfikir bahwa antar anggota keluarga saling memberi dan menerima sesuatu, begitu pula dengan para remaja dengan teman bermainnya.  Dengan demikian kenakalan remaja adalah output dari sebuah hasil pertukaran sosial antar individu.

1.5  Metode Penelitian

            A . Objek Dan Tempat

Objek dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang , sedangkan tempat dari penelitian ini juga didaerah sekitar kampus Universitas Muhammadiyah Malang di daerah Tlogo Mas malang.

B.Jenis Penelitian

 Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah deskriptif analitis yaitu penelitian yang sifatnya menjelaskan situasi atau kejadian – kejadian tertentu ataupun penyajian yang didapatkan sebagai hasil penelitian dengan sara memberikan gambaran secara luas mengenai keadaan yang sesuai dengan kenyataan dan melakukan analisis masalah yang telah didapatkan sehingga diperoleh kesimpulan yang obyektif.

       C. Data Dan Jenis Data

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Untuk data primer disini melalui wawancara langsung kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, sedangkan untuk data sekunder penulis mendapatkan dari berbagai sumber diantaranya internet dan buku – buku penunjang lain yang mendukung.





BAB II
PEMAPARAN DAN PEMBAHASAN

,,,,,,,,

Silahkan Download materi ini lengkap Disini





No comments:

Post a Comment