Tuesday, June 25, 2013

Tragedi Pembodohan anak bangsa dalam media elektronika (internet)

Grand tema_Internet : Dinamika dan Problematika dalam Masyarakat Indonesia
Judul :
“ Tragedi Pembodohan anak bangsa dalam media elektronika (internet) “

Media merupakan sebuah alat informasi/akses berita terkait masalah dan fenomena yang tengah terjadi di tengah masyarakat kita. Perkembangan teknologi abad modern akibat dampak dari virus globalisasi sejatinya telah mampu melahirkan pesona cyber space, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah mampukah anak bangsa memanfaatkannya atau malah terbodohkan olehnya??
Fakta menyatakan sampai hari ini banyak sekali kriminalisasi yang terjadi lewat dunia maya tersebut, mulai dari kriminalisasi jejaring sampai penyampaian dan pemotongan/penyelewengan informasi public ke tengah masyarakat kita. Bahkan dengan kecanggihan teknologi tersebut semua mahasiswa yang mereka mengklaim sebagai insan akademis telah kehilangan “ke-jantanannya” dalam dimensi ke-akademisannya. Virus Plagiatisme (copy-paste) telah terbukti sampai hari ini telah menjadi aktivitas yang membudaya dikalangan mahasiswa. Hal yang demikian sangat disayangkan bagaimana mereka mau mengawal sebuah perubahan jika otak mereka masih kerdil dan selalu menghamba pada kecanggihan media elektronika.
Merujuk dari beberapa asumsi diatas , kita dapat menilai betapa Indonesia selama ini jauh dari cita – cita Negara kesejahteraan. Bayangkan saja, bagaimana nasib anak bangsa jika arus globalisasi terus menghantam masuk tanpa filter sama sekali?? Bukan lagi kepintaran yang di dapat akan tetapi kebodohanlah yang terus mengantui anak-anak bangsa kita.
            Saat ini memang perkembangan kehidupan manusia semakin kompleks dengan arah dan tujuan yang semakin mengglobal. Perkembangan kehidupan manusia didasari oleh perkembangan pola pikir yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Pola pikir manusia terus mengalami evolusi menuju arah yang lebih komprehensif yang pada akhirnya pola pikir manusia dituntut untuk terus bisa beradaptasi dan tidak dibatasi oleh satu bidang keilmuan saja.
Di samping itu era transisi Indonesia juga masih belum berlalu, indonesia masih terus mencari format ideal guna menemukan tatanan kehidupan yang lebih dinamis. Selama manusia hidup dengan segala kebutuhan maka selama itu pula permasalahan akan terus muncul dan berkembang.  Semakin tinggi dan maju sebuah peradaban manusia maka akan semakin tinggi dan semakin kompleks pula permasalahan yang dihadapi.  Dalam kondisi seperti itu, maka tantangan globalisasi tetap memainkan peranan penting dalam peradaban manusia.

Dapatkan materi ini lengkap dengan mendwonload disini

No comments:

Post a Comment