Thursday, October 4, 2012

Atom dan massa Atom

Teori Atom..

John dalton ( 1804 )


Postulat dalton tentang atom adalah sebagai berikut :

1.Unsur terdiri dari partikel – partikel yang tidak dapat dibagi lagi yang disebut atom

2.seluruh atom dari sebuah unsur mempunyai massa yang sama , dan massa atom dari sebuah unsur berbeda dengan massa atom unsur lainnya.
3.Ketika unsur bergabung untuk membentuk senyawa, atom sebuah unsur bergabung dengan atom unsur lainnya untuk membentuk molekul


4.Atom dari dua unsur atau lebih dapat bergabung dengan perbandingan yang berbeda untuk membentuk senyawa baru.


5.Perbandingan atom yang paling umum adalah 1:1 , dan apabila terdapat lebih dari satu senyawa yang terbentuk dari dua unsur atau lebih , maka senyawa yang lebi stabil adalah senyawa dengan perbandingan 1:1 ( sekarang postulat terakhir ini terbukti tidak benar.


Dasar hukum postulat dalton


1.Hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) menyatakan bahwa massa tidak dapat diciptakan maupun dimusnakan dalam sebuah reaksi kimia .
2.Hukum perbandingan tetap (hukum Proust) menyatakan bahwa setiap senyawa kimia terbentuk dari beberapa unsur dengan perbandinganmassa tetap.
3.Hukum perbandingan berganda menyatakan bahwa jika dua senyawa yang berbeda atau lebih terbentuk dari unsur – unsur yang sama , perbandingan massa tiap – tiap unsur dalam senyawa – senyawa tersebut merupakan bilangan yang mudah dan bulat jika massa salah satu unsur telah diketahui.

Massa Atom

silahkan klik disini untuk mendapatkan materinya lengkap




No comments:

Post a Comment

Post a Comment