Tuesday, October 9, 2012

Pengolahan kelapa sawit menjadi CPO dan PKO



Indonesia sebagai negara pengekspor terbesar CPO dunia, mempunyai lahan perkebunan kelapa sawit yang sangat luas dan jumlah pabrik yang sangat banyak. Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) merupakan sebuah perguruan tinggi yang masih berumur sangat muda ini memilki kepedulian dalam penyiapan sumber daya manusia. Untuk itu program studi D3 berkaitan dengan sektor pabrik CPO dan diberi nama D3 Teknologi Pengolahan Sawit (TPS). Program studi ini merupakan jenjang pendidikan diploma yang diteankan untuk penyiapan tenaga kerja ahli yang terampil dan siap pakai di industri. Untuk pemahaman konsep – konsep keilmuan terkait telah dibekali dikampus baik berupa perkuliahan, diskusi dan praktek laboratorium. Kemampuan yang lebih juga dibekali dengan cara mewajibkan seorang mahasiswa D3 TPS untuk mengikuti Kerja Praktik Industri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan pada libur panjang semesteran yang masing- masing lamanya 2 bulan pada industri Sawit. Kerja praktik tersebut masing – masing di beri nama Kerja Praktik Industri 1 dan Kerja Praktik Industri 2.
Riau merupakan salah satu kawasan industri yang berkembang dengan sangat pesat terutama di bidang perminyakan baik minyak tanah maupun minyak kelapa sawit. Untuk industri kelapa sawit, terdapat beberapa perusahaan diantaranya adalah PT. IVOMAS TUNGGAL, LIBM/LIOK yang terletak di desa Sam – Sam, kecamatan Kandis, kabupaten Siak, provinsi Riau. PT. IVOMAS TUNGGAL sendiri tergabung dalam Sinar Mas Group. ITSB yang memiliki kerja sama dengan Sinar Mas menempatkan mahasiswa untuk PKL di berberapa perusahaan yang berada di bawah naungan Sinarmas group yang berada di Riau salah – satunya adalah perusahaan tersebut diatas. Diharapkan setelah mahasiswa turun langsung ke lapangan lewat program kerja praktik industri ini maka mahasiswa akan lebih paham dan mengerti secara mendetail mengenai pabrik pengolahan kelapa sawit.


Buah kelapa sawit yang telah dipanen dari kebun akan dikirim ke pabrik untuk dilakukan pengolahan sehingga menghasilkan minyak sawit (CPO), pengolahan untuk menghasilkan miyak tersebut akan memalui beberapa tahap atau dalam pabrik sawit lebih dikenal dengan stasiun. Alur pengolahan tersebut adalah sebagai berikut :

St. Penerimaan

St. Perebusan

St. Bantingan

St. pelumatan n press

TBS  dari kebun

St. Pemurnian

St. Nut n Kernel

Crude oil

Press cake

Kernel storage

Cpo storage
 
























Selain stasiun pengolahan seperti diagram diatas dalam pabrik pengolahan sawit terdapat stasiun pendukung meliputi : stasiun kamar mesin ( engine room ), Boiler , pengolaan limbah ( final effluent ), pengolahan air ( water treatment ) dan laboratorium. Namun dalam laporan praktek ini tidak dijelaskan karena mengingat stasiun- stasiun tersebut akan dipelajari lebih lanjut pada praktik lapangan 2 tahun mendatang.

untuk mengetahui proses pengolahan saeit ini secara lengkap bisa di download disini


No comments:

Post a Comment